Home > MySQL, Visual Basic 6 > Script Koneksi MySQL Dengan Visual Basic 6

Script Koneksi MySQL Dengan Visual Basic 6

Source code berikut untuk mengoneksikan MySQL dengan VB 6. Menggunakan MySQL ODBC 3.51 Driver sebagai penghubung antara VB dan MySQL nya.

Simpan source code berikut di Module :

Public Conn As New ADODB.Connection

Public Sub koneksi()
Dim ConnString As String
Dim db_name As String
Dim db_server As String
Dim db_port As String
Dim db_user As String
Dim db_pass As String

On Error GoTo buat_koneksi_Error

db_name = "honorer"  'nama database anda
db_server = "localhost"  'server database anda
db_port = "3306"
db_user = "root"  'username db anda
db_pass = ""  'isi jika db anda menggunakan password

'ganti DRIVER berikut menjadi {MySQL ODBC 5.1 Driver} jika ODBC yang anda gunakan versi 5.1
ConnString = "DRIVER={MySQL ODBC 3.51 Driver};SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION=3"

If Conn.State = 1 Then Conn.Close
With Conn
    .ConnectionString = ConnString
    .Open
End With

On Error GoTo 0
Exit Sub

buat_koneksi_Error:
    MsgBox "Ada kesalahan dengan server, periksa apakah server sudah berjalan !", vbInformation, "Cek Server"
End Sub

Untuk pemanggilannya, gunakan pada setiap event Form_Load

Private Sub Form_Load()
    koneksi
End Sub

Jika membutuhkan ADODB Connection, gunakan variabel ‘Conn’ seperti contoh berikut :

rsAdo.Open "select * from tabel", Conn
  1. March 21, 2010 at 8:04 pm

    mksih bgt mas….
    info sangat berharga dan berjalan skriptnya

  2. March 21, 2010 at 9:27 pm

    sama-sama mas.

  3. dr.lukito
    April 15, 2010 at 12:34 pm

    Bagus mas, tapi saya ada masalah koneksi bila server mysql berada di mesin Linux, conn string memakai parameter seperti diatas. Padahal semua nilai sama dan db_server saya isi ip address/nama server sama hasilnya , yaitu pesan error ” user tidak diizinkan konek ke mysql server” . Bagaimana solusinya?

    • simbok
      September 2, 2010 at 10:44 am

      masalahnya di server linuxnya,
      misal user yang mau dipake utk koneksi ‘saya’
      maka di mysql harus ditambahkan user saya@%,
      artinya user ‘saya’ diperbolehkan mengakses server dari komputer manapun.
      bisa dibatasi misalnya user ‘saya’ hanya boleh mengakses dari ip 192.168.0.11, maka di mysql diberi user saya@192.168.0.11

  4. May 11, 2010 at 4:20 pm

    Oh ya saya mau nanya nih tentang mysql. saya punya dua tabel bulan april sama mei mau di select secara bersamaan nopel(nomer pelanggan) saya bulan april mau saya cek apakah ada tidak di bulan mei. Bisa gak select 2 tabel secara bersamaan thk.
    malik

  5. rey
    May 11, 2010 at 4:22 pm

    klo untuk koneksi ke crystal report, sourc code nya gimana pak? saya lg belajar bikin program dengan vb6+mysql+cr 8.5….. masalahnya, data yg baru saya input tidak tampil di cr… harus dibuka dulu file cr nya, trus di refresh report datanya.. baru bisa tampil di cr… solusinya gimana ya???

  6. Aisi Sasmita
    June 13, 2010 at 11:57 am

    okehhh
    banget mas
    tapi ku binggung belajar ni banyakan errornya,
    leh minta tips yar gampang geto

  7. June 13, 2010 at 6:41 pm

    error nya di sebelah mana nya ?

  8. gilang
    July 4, 2010 at 2:53 pm

    itu berarti d form vb kita g perlu ambil icon addoc

  9. July 5, 2010 at 4:32 am

    ya, bisa dibilang begitu, tergantung kebutuhan aja, kalo misalkan perlu tinggal dipake aja adodc nya..

  10. heru setiawan
    July 7, 2010 at 6:05 pm

    mas,saya dapet tugas dari dosen saya nih…..

    tugasnya buat aplikasi perpustakaan dengan menggunkn vb 6 ke database mysql.
    saya udah ngerjain,hanya saja masih belum sempurna.

    saya masih bingung,dan belum dapat script untuk fungsi tambah,simpan,hapus,dll pada vb 6.

    ada gak contoh aplikasinya….mas….

    tolongin saya donk mas…..coz tgl 10 juli 2010 ini,sudah harus dikumpulin..

    klo ada contoh aplikasinya,kirimin ke email saya mas…
    maseru.setiawan@gmail.com

    terima kasih mas…..

  11. July 8, 2010 at 6:45 am

    cek email mas…

  12. Adek
    August 29, 2010 at 5:36 am

    mas.. ada g contoh aplikasi program penjualan,pake data base my sql, klu ada tolong kirim ke email adek_candra@yahoo.com
    thanks….

  13. izzye
    September 24, 2010 at 12:18 am

    ass…
    mas saya mnta tolong dengn sangt. saya udah 2 bulan ngrjainTA ni tpi saya ada maslah dengn program yang sya buat tentang perpustakaan, sudah berulang kali saya buat tapi selalu gagal, delete dan simpan dan menampilkan hasil laporannya tidak pernah jadi..
    saya butuh scripnya kalo tidak keberatan boleh kiranya scrip itu dikirim ke alamat email saya.,.,.

    ini email saya izzye_elya@yahoo.com

    mohon bantuannya dan saya ucapkan terima kasih.

  14. izzye
    September 24, 2010 at 12:19 am

    oiya mas kalo da contoh aplikasinya ya

  15. September 24, 2010 at 12:26 am

    Ass.,.,

    mas saya lagi belajar membuat sebuah program tapi sya gx bisa untuk menjadikannya sebuah program matang.,.,

    dalam arti saya gx bisa buat setupnya.,.,

    selalu saja error.,.,.

    saya butuh bantuannya mas.,.,.

    tolong bagaimana langkah2 nya membuat setup atau file exe,.,
    dan software apa saja yang saya butuhkan dalam pembuatan file setup ter sebut.,.,

    saya buat dengan vb 6.,.,,

    sekiranya berkenan tolong kirimkan lewat email saya ea mas,.,.,

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih ats bantuannya.,.,

    ini email saya mas

    blankconector@yahoo.co.id

  16. prastowo
    October 27, 2010 at 8:46 am

    mas tolong dong bgmn script koneksi ke mysql di atas jika databasenya di hosting sy. Sdh sy coba db_server pake IP Server saya dan port pake 21 ternyata tidak bisa.
    jika pake port 3306 pesannya: Can’t connet to mysql server on IP…… (10061)
    jika pake port 21 pesannya : Lose connection to MySQL server at ‘reading initial communication packet’, system error: 2
    help me ya mas…
    tq

  17. andy
    December 19, 2010 at 10:32 pm

    mas tlg jlasin step2′y dr awal (ap yg dbutuhn, ap yg hrs d setting) smpe bisa create, read, update, delete dong…
    klo bolh minta projct VB’y
    tlng d krmn k email saya : dummymail.mail1@gmail.com

  18. ase
    January 25, 2011 at 11:59 am

    mas ane udah bisa klo konek ke komputer lokal, tapi masalahnya gmn klo ke komputer lain.
    misalnya nama komputer:sisminrapus…
    trs udah ane ganti server jadi sisminrapus ttp aja gak bisa…
    gmn yah mas???

    terima kasih seblumnya..

    • January 26, 2011 at 11:45 am

      coba pake ip address untuk server nya.

  19. wicaksono
    February 1, 2011 at 10:06 pm

    mas punya programnya gk mas bagaimana cara koneksiin mysql dengan vb nya, saya gk ngerti save, edit, deletenya kalo pake mysql ..
    kalo boleh minta kirimin kesini
    wiicaak@gmail.com

    terimakasih .

  20. February 4, 2011 at 11:37 am

    kalau yang lebih lengkap bisa lihat disini
    http://www.connectionstrings.com

  21. aneu
    February 20, 2011 at 10:20 am

    salam kenal ka irmanf … :D
    minta bantuannya dong,,, source code untuk menghitung jumlah dari database access gmn ya?? :)

  22. October 17, 2011 at 3:15 pm

    terima kasih mas,…

  23. Chocho
    April 21, 2012 at 4:54 pm

    Mas, minta contoh programmnya yang sudah ada fitur Insert, Delete, Edit, Save dong
    Kirim disini ya :
    chocho.rezpector@programmer.net

  24. ammar
    August 8, 2012 at 12:00 pm

    ko ga jalan ya mas?

  25. Andre
    October 29, 2012 at 9:41 pm

    pertanyaan nya, dimanakan menaruh database nya ?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 139 other followers

